Random Image

Conductor2.jpg
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday188
mod_vvisit_counterYesterday408
mod_vvisit_counterThis week3229
mod_vvisit_counterLast week2966
mod_vvisit_counterThis month12044
mod_vvisit_counterLast month10817
mod_vvisit_counterAll days406023

We have: 9 guests, 1 bots online
Your IP: 54.82.166.45
 , 
Today: Okt 24, 2014

Chatting Online

    
Villa Murah & Nyaman
Kawasan puncak merupakan dataran tinggi dengan iklim yang dingin dan panorama alam yang indah. Itulah sebabnya kawasan ini menjadi tujuan utama warga Jakarta sekitarnya untuk untuk refreshing keluarga maupun organisasi. Bila anda berhasil memilih villa yang tepat, anda bisa merencanakan acara yang menarik untuk berbagai kegiatan seperti: istirahat, arisan, retreat, family gathering, kebaktian padang, kebaktian paskah, dan lain-lain. Kami menawarkan beberapa villa yang telah banyak diminati pengunjung karena memiliki fasilitas dan sarana akomodasi yang lengkap. Detail informasi klik di sini.
www.koleksikoor.com

Penyedia Partitur & Rekaman Audio-Video Koor

Pengertian Paduan Suara PDF Cetak
Penilaian Pengunjung: / 5
KurangTerbaik 
Oleh Administrator   
Rabu, 15 Juni 2011 06:39

Pengertian Paduan Suara

Paduan suara atau koor (dari bahasa Belanada koor) merupakan istilah yang merujuk kepada  ensambel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara (bahasa Inggris: part, bahasa Jerman: Stimme). Dalam pengertian ini, paduan suara juga mencakup kelompok vokal (vocal group), walaupun kadang kedua istilah ini saling dibedakan.

Struktur Paduan Suara

Paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut. Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara (misalnya sopran, alto, tenor, dan bass), walaupun dapat dikatakan bahwa tidak ada batasan jumlah suara yang terdapat dalam paduan suara. Selain empat suara, jumlah jenis suara yang paling lazim dalam paduan suara adalah tiga, lima, enam, dan delapan. Bila menyanyi dengan satu suara, paduan suara tersebut diistilahkan menyanyi secara unisono.

Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan alat musik. Bernyanyi tanpa iringan alat musik biasanya disebut sebagai bernyanyi a capella. Bila bernyanyi dengan iringan, alat musik pengiring paduan suara dapat terdiri atas alat musik apa saja, satu, beberapa, atau bahkan suatu  orkestra penuh.

Untuk latihan paduan suara, alat pengiring yang digunakan biasanya adalah piano, termasuk bahkan jika pada penampilannya digunakan alat musik lain atau ditampilkan secara a cappella.

Tata Letak Panggung

Terdapat banyak pandangan mengenai bagaimana masing-masing kelompok bagian suara dalam paduan suara ditempatkan di panggung pada suatu penampilan. Pada paduan suara simfonik, biasanya bagian-bagian suara diatur dari suara tertinggi ke suara terendah (misalnya sopran, alto, tenor, dan kemudian bass) dari kiri ke kanan, bersesuaian dengan penempatan bagian alat musik gesek umumnya. Pada penampilan a cappella atau dengan iringan piano, umumnya pria ditempatkan di belakang dan wanita di depan; penempatan kelompok bas di belakang kelompok sopran disukai oleh beberapa dirijen dengan alasan bahwa kedua bagian suara ini harus saling menyesuaikan nada.

Paduan suara yang lebih berpengalaman sering menyanyi dengan semua bagian suara bercampur dan tidak terkelompok-kelompok. Pendapat yang mendukung metode penempatan ini adalah bahwa metode ini memudahkan masing-masing penyanyi untuk mendengarkan dan menyesuaikan nada dengan bagian suara yang lain, walaupun hal ini menuntut kemandirian masing-masing penyanyi.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Paduan_suara

Terakhir Diupdate ( Kamis, 16 Juni 2011 18:59 )
 
Please register or login to add your comments to this article.